-->
Jika kita memperhatikan ayat-ayat yang berbicara tentang makanan-makan penghuni surga, maka akan kita temukan bahwa Allah swt menyebutkan buah-buah lebih awal ketimbang daging. Sebagaimana terdapat dalam surat al-Waqi'ah ayat 20 - 21: 
وفاكهة مما يتخيرون، ولحم طير مما يشتهون
Artinya:

Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, Dan daging burung dari apa yang mereka inginkan. (QS. al-Waqi’ah: 20 – 21).

Ternyata urutan makanan penghuni surga yang disebutkan dalam al-Qur'an itu memiliki hikmah yang sangat besar. Dunia kedokteran telah membuktikan bahwa buah-buahan mengandung gula sederhana yang mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Sebagaimana diketahui bahwa gula juga merupakan sumber utama energi dalam tubuh. Selain itu, gula juga bisa menghilangkan rasa lapar.
Setiap jenis makanan yang masuk ke dalam perut akan dicerna dengan waktu yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dengan kondisi seperti tersedianya enzim, vitamin atau mineral tertentu, kondisi asam, serta suhu yang pas.  Misalnya enzim amilase yang tugasnya hanya memecah pati menjadi glukosa. Dalam hal ini buah-buahan hanya membutuhkan waktu di bawah 30 menit untuk bisa dicerna dan diserap oleh tubuh, berarti lebih mudah dan cepat dicerna.
Berbeda halnya jika kita memulai makan dengan menyantap daging terlebih dahulu, maka tubuh membutuhkan waktu 3 jam agar proses penyerapan sari-sari daging tersebut diserap oleh tubuh dengan sempurna. Dari sini sangat jelas hikmah dari firman Allah swt dalam surat al-Waqi’ah ayat 20 – 21 yang menyebutkan buah-buahan sebelum daging. 
Pencetus Food Combining Indonesia, Andang Gunawan dalam sebuah seminar mengungkapkan, orang yang makan buah setelah makan 'besar', hanya akan efektif bila buahnya dimakan setelah 5-8 jam (tergantung apa yang dimakan).  Tentu hal ini merupkan waktu yang sangat lama untuk sebuah kebiasaan menyantap makanan pencuci mulut sebagaimana yang biasa kita lakukan selepas makan. Perut/lambung kita akan mencerna makan 'besar' yang kita makan lebih dulu.  Dengan enzim yang berbeda-beda dan kondisi yang juga berbeda-beda, untuk lemak, untuk protein, dsb. Semakin CAMPUR ADUK makanan yang kita konsumsi, akan semakin LAMA mencernanya.  Lalu kapan giliran buahnya dicerna? Berhubung buah adalah makanan yang mudah busuk, berarti buah yang dikonsumsi setelah makan 'besar' tidak akan memberi manfaat bagi tubuh.
Andang juga menyarankan agar mengonsumsi buah sebelum makan 'besar', setidaknya 15 menit sebelumnya. Ini akan memberi kesempatan lambung mencerna buah lebih dulu, sehingga buah-buahan yang seharusnya mampu memberi energi bagi tubuh tidak terbuang dengan percuma.